Cari
  • tbidjakartasatoe

Bahaya Lalat Buah dan 3 Cara Mengatasinya


Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, lalat buah merupakan salah satu jenis serangga yang umum ditemui sehari-hari dalam rumah. Biasanya lalat jenis ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan jenis lainnya dan terbang dengan kecepatan rendah. Mereka juga memiliki kemampuan bereproduksi yang sangat mengagumkan dimana dalam sehari seekor hama ini mampu menetaskan kurang lebih 2.000 butir telur yang menyebabkan populasi mereka menjadi sangat banyak. Sesuai namanya, mereka kebanyakan ditemukan pada buah yang terlalu matang dan dibiarkan di ruangan terbuka, selain buah mereka juga suka terbang di sekitar sayuran, bawang, dan makanan lainnya. Meskipun ukuran tubuhnya kecil dan nampak tidak berbahaya, namun tetap perlu diwaspadai keberadaannya karena dapat menyebabkan kontaminasi pada makanan dan menyebarkan bakteri berbahaya.


Menurut laporan dari Journal of Food Protection, lalat buah memiliki kemampuan untuk mentransfer bakteri berbahaya seperti Salmonella, E.Coli, dan Listeria dari sumber yang terkontaminasi ke makanan. Dari data penelitian tersebut, dilaporkan seekor lalat buah berpotensi membawa sekitar 1.000 bakteri patogen berbahaya bagi kesehatan manusia serta berpotensi tinggi menyebabkan keracunan makanan. Selain mengontaminasi makanan yang akan dikonsumsi, lalat buah juga dapat menyebabkan iritasi dan alergi pada kulit yang ditandai dengan munculnya ruam kemerahan atau benjolan.


Meskipun demikian, mereka bukan hewan yang agresif dan tidak menyerang manusia secara langsung. Tetapi efek kontaminasi makanan oleh lalat buah tetap perlu disikapi dengan serius agar tidak menyebabkan penyakit pada tubuh. Semprotan pembunuh serangga saja tidak efektif membasmi hama ini sampai ke telurnya. Untuk membasmi mereka sampai secara keseluruhan kamu dapat melakukan tips dibawah ini:

  1. Disarankan kamu menggunakan wadah tertutup kedap udara untuk menyimpan makananmu. Selain berguna untuk menghindari lalat buah, wadah kedap udara juga berfungsi melindungi makanan dari bakteri.

  2. Untuk memerangkap lalat buah kamu dapat memakai larutan cuka apel dan menaruhnya di botol, mereka akan mendatangi botol tersebut karena tertarik dengan baunya.

  3. Letakkan kain pel pada tempat yang kering untuk meminimalisir mereka bertelur disana.

Itulah penjelasan mengenai lalat buah dan cara menanganinya. Jika kamu melihat lalat buah di rumahmu jangan dibiarkan begitu saja ya, segera usir dan pindahkan makananmu untuk menghindari kontaminasinya.


18 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
whatsapp.png