Cari
  • tbidjakartasatoe

Ternyata Lalat di Sekitarmu Memiliki Beragam Jenis



Lalat merupakan salah satu serangga yang keberadaannya mengganggu karena membawa bakteri yang menyebabkan penyakit bagi makhluk hidup lain. Selain itu, lalat juga dianggap sebagai hewan yang kotor karena habitatnya yang sangat identik dengan tempat kotor untuk makan dan berkembangbiak. Tahukah kamu bahwa ada sekitar 1200 spesies lalat yang ada? Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa jenis yang paling sering ditemukan! Yuk simak selengkapnya!


1. Lalat Rumah (House Fly)


Lalat jenis ini biasa hidup di dalam rumah dan memiliki badan berwarna abu-abu dengan empat garis putih di sekitar thorax dan memiliki mata besar berwarna merah. Meskipun lalat rumah tidak memiliki gigi yang dapat menggigitmu, namun mereka tetap mampu membawa lebih dari 100 jenis bakteri patogen berbahaya termasuk salmonella dan tuberkulosis.


2. Lalat Buah


Berkembangbiak dengan sangat luar biasa, betina dari spesies satu ini dapat bertelur hingga 500 butir sekali waktu yang akan langsung menetas dalam waktu 24 jam kemudian sehingga membuat populasinya menjadi sulit untuk dikendalikan. Ukuran tubuh lalat buah umumnya sangat kecil hanya sekitar 3-4 mm saja dan terbang dengan kecepatan rendah di sekitar buah dan sayuran yang mulai membusuk. Walau tidak terlihat berbahaya, lalat buah dapat mengkontaminasi buah dan sayur yang dihinggapi dengan bakteri pada kakinya.


3. Lalat Hijau


Lalat jenis ini dapat kamu temui di sekitar kotoran hewan atau tempat sampah yang menumpuk dan kotor. Karena memiliki ukuran tubuh yang lebih besar jika dibandingkan dengan lalat lain (5-8 mm) membuat kita dapat mendengar bunyi terbangnya yang mendengung. Pada kondisi tertentu yang dianggap seperti habitat idealnya, lalat hijau bahkan dapat mengeluarkan telurnya di makanan sehingga tentu akan menjadi sangat jorok dan berpenyakit seperti disentri dan juga kolera.

Itulah beberapa jenis lalat yang sering dijumpai di sekitar manusia. Meskipun ukurannya kecil namun mereka dapat membawa banyak penyakit yang merugikan. Sebaiknya kamu menjaga kebersihan sekitar tempat tinggalmu agar tidak dihinggapi lalat dengan tidak membiarkan sampah sampai membusuk dan menumpuk. Jika kamu kesulitan untuk membasmi lalat di area tempat tinggalmu, kamu juga dapat memanggil tim PestCare kami untuk datang membasmi mereka semua!




3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
whatsapp.png