Cari
  • tbidjakartasatoe

Apakah Nyamuk Kebun Sama dengan Aedes Aegypti? Ini Jawabannya

Diperbarui: 4 hari yang lalu


nyamuk kebun

Nyamuk merupakan jenis serangga yang dapat menimbulkan penyakit berbahaya bagi manusia. Namun, nyamuk sendiri memiliki berbagai jenis salah satunya adalah nyamuk kebun. Seperti apa nyamuk kebun itu? Apakah sama dengan nyamuk yang menyebabkan penyakit demam berdarah?


Meskipun terlihat hampir mirip, nyatanya nyamuk kebun adalah jenis nyamuk yang berbeda dengan nyamuk penyebab demam berdarah yakni Aedes Aegypti. Keduanya memiliki motif tubuh berloreng dengan warna hitam putih.


Perbedaan Nyamuk Kebun dengan Nyamuk Aedes Aegypti

Meskipun bukan penyebab demam berdarah namun nyamuk kebun juga dapat membahayakan manusia. Supaya lebih jelas mengenai perbedaan nyamuk kebun dengan nyamuk Aedes Aegypti, simak penjelasan berikut ini.


1. Nama

Seperti diketahui, bahwa nyamuk penyebab demam berdarah bernama latin Aedes Aegypti. Lain halnya dengan nyamuk kebun yang juga dikenal dengan nyamuk hutan ini memiliki nama Aedes Albopictus. Dari namanya saja, sudah bisa dipastikan bahwa keduanya merupakan dua jenis nyamuk yang berbeda.


Selain dikenal dengan nama nyamuk hutan, Aedes albopictus juga memiliki nama latin Stegomya Albopicta ataui nyamuk macan. Hal ini dikarenakan motif loreng yang dimilikinya mirip dengan kulit hewan macan (harimau).


2. Bentuk dan Ukuran


aides aygepti

Meskipun sekilas terlihat sama, jika diamati lebih teliti ukuran keduanya berbeda. Nyamuk Aedes Aegypti umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan nyamuk kebun.


3. Habitat

Nyamuk kebun adalah nyamuk yang tinggal di lahan kering dan rimbun. Seperti halnya kebun dan juga hutan. Berbeda dengan nyamuk Aedes Aegypti yang lebih senang hidup di lahan basah, rawa, hingga kolam penampungan, yang notabene bisa dijadikan tempat untuk bertelur.


Dari habitat inilah, maka nyamuk kebun sering dianggap sebagai nyamuk yang banyak berdampingan hingga bersentuhan dengan manusia. Nyamuk ini juga biasa mencari makan di siang hari. Tepat di saat manusia banyak beraktivitas di luar ruangan.


Baca juga: Mengenal Apa itu Jasa Pembasmi Hama dan Manfaatnya bagi Manusia


4. Asal Penyebaran

Banyak yang meyakini bahwa nyamuk Aedes Aegypti berasal dari benua Afrika. Sementara nyamuk kebun merupakan jenis nyamuk yang berasal dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Namun seiring waktu, kedua jenis nyamuk tersebut menyebar ke berbagai negara di dunia, melalui adanya pengangkutan barang hingga beberapa aktivitas perjalanan internasional.


5. Penyakit yang Ditimbulkan

Hampir semua orang tahu, bahwa nyamuk Aedes Aegypti merupakan salah satu penyebab penyakit demam berdarah yang sangat mematikan. Pasalnya, apabila penderita demam berdarah dibiarkan sangat berisiko mengalami penurunan trombosit yang akhirnya bisa meninggal dunia.


Lain halnya dengan nyamuk kebun. Nyamuk yang banyak hidup di sekitar area perkebunan dan hutan ini bisa menyebarkan penyakit demam kuning, chikungunya, serta virus Zika. Meskipun berbeda, tetapi keduanya sama saja karena dapat menimbulkan penyakit yang serius dan berbahaya.


Oleh karena itu, nyamuk kebun adalah jenis nyamuk yang tidak bisa dianggap sepele. Karena jika dibiarkan bisa mengancam kesehatan manusia. Untuk menanggulangi hama nyamuk kebun, Anda bisa gunakan jasa pest control, pestcare.id.


Pestcare memberikan solusi pembasmian maupun pengendalian hama dengan treatment tepat. Pestcare melayani jasa pembasmi nyamuk, rayap, kecoa, lalat, burung, semut, lebah, dan lain-lain. Dengan metode general pest, termite baiting, fumigation seluruh pengendalian hama dapat diselesaikan secara terukur.


10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua