Cari
  • tbidjakartasatoe

Wajib Tahu! Ini Jenis-Jenis Rayap dan Cara Mengatasinya


jenis jenis rayap

Rayap merupakan salah satu serangga yang seringkali merugikan manusia. Di dunia, terdapat berbagai jenis rayap yang memiliki karakteristik dan nama sesuai dengan habitat mereka tinggal. Untuk itu, sangat menarik bila diteliti lebih jauh saat ini terdapat ribuan jenis rayap di sekitar manusia.


Sekadar informasi, kabarnya terdapat lebih dari 2.000 jenis rayap yang teridentifikasi di dunia dengan 200 di antaranya berada di Indonesia. Padahal negeri ini berada di kawasan Khatulistiwa yang punya iklim tropis, tetapi tetap saja cukup menarik bagi rayap untuk bersembunyi di balik pondasi-pondasi rumah atau gudang-gudang lembap yang sangat mereka sukai.


Meskipun jenisnya beragam, secara umum rayap menjadi penyebab utama kerusakan pada perabotan kayu di rumah. Dengan mengetahui jenis rayap, Anda tentu akan lebih mudah dalam membasminya. Karena serangga kecil yang hidup berkoloni ini memang harus dibasmi agar tidak makin berkembang biak dan mengancam kehidupan manusia.


Jenis-Jenis Rayap yang Sering Ditemukan

Dari sisi ekologi, sebetulnya spesies rayap dibedakan pada dua kelompok besar yakni rayap tanah dan rayap kayu. Sekadar informasi, rayap tanah penyebab rusaknya perabotan kayu adalah coptotermes. Dari dua kelompok besar itu rayap kayu kemudian memiliki dua kategori lain. Agar tak keliru, berikut jenis rayap yang bisa Anda pelajari:


1. Rayap Tanah

Seperti dengan namanya, rayap tanah disebut demikian karena memang habitatnya adalah di dalam tanah yang dikenal luar biasa lembap. Rayap-rayap jenis ini biasanya jarang keluar dari tanah karena udara justru membuat mereka kekeringan dan tersiksa. Melalui liang-liang yang mereka bangun dari dalam tanah, koloni rayap mencari makanan sumber selulosa seperti kayu.


Tak heran kalau akhirnya rayap tanah dianggap sebagai penghancur kayu nomor satu. Tidak sedikit bangunan-bangunan megah yang menggunakan kayu sebagai pondasi utamanya cukup cemas dengan keberadaan rayap tanah ini.


2. Rayap Kayu Basah

Sama dengan namanya, rayap kayu basah ini sangat suka berada di kayu-kayu yang sudah membusuk dan tentunya basah. Biasanya kayu-kayu yang ada di luar ruangan dan menyentuh tanah sampai tampak lapuk, sangatlah mereka sukai.


Baca juga: Cari Pembasmi Rayap yang Cepat dan Aman? Simak 5 Trik Ini!


3. Rayap Kayu Kering

Berbeda dengan jenis kedua, rayap kayu kering memang lebih menyukai hidup di kayu-kayu yang kering. Koloni mereka biasanya membuat sarang langsung di kayu kering dan menggerogotinya tanpa ampun, hingga kayu tersisa bagian kulitnya saja karena bagian dalam sudah keropos. Untuk menghindari rayap jenis ini, banyak perabotan kayu dilapisi cat anti rayap.


Solusi Mudah Mengatasi Rayap

Lantaran keberadaan rayap sangatlah mengganggu kehidupan manusia, tentu dibutuhkan cara yang ampuh dalam memusnahkannya. Anda bisa menggunakan banyak produk kimia pengusir rayap di pasaran, atau memakai bahan-bahan alami seperti menggunakan air sabun sampai kapur barus.


Kebiasaan untuk membuka ventilasi rumah secara lebar-lebar sehingga udara lembap bisa menghilang lantaran terganti cahaya matahari, tentu akan membuat rayap akan menghindar. Jika koloni rayap dibiarkan tanpa adanya solusi, jelas Anda akan kehilangan banyak perabotan kayu, pondasi bangunan bahkan hingga dokumen dan foto-foto penuh kenangan.


Bagaimana? Tidak sulit bukan dalam membasmi rayap? Apalagi kalau Anda sudah tahu seperti apa jenis rayap, sehingga makin efektif dalam menentukan solusi untuk memusnahkannya. Jika rayap di rumah tak kunjung hilang, maka sebaiknya Anda gunakan jas pembasmi pest control, Pestcare.id. Jasa pest control adalah layanan jasa pembasmi hama seperti kucing, rayap, kecoa, semut dan lain-lain.


Untuk pengendalian hama tersebut maka dilakukan pemerksaan secara menyeluruh dengan teknisi profesional. Tak hanya tungau, Pestcare melayani jasa pengendalian hama seperti rayap, tikus, lalat, bahkan kucing. Pengendalian hama dilakukan dengan treatment intensif dengan bahan kimia yang ramah lingkungan dan dapat diaplikasikan ke berbagai jenis properti hunian.


282 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
whatsapp.png