Cari
  • tbidjakartasatoe

5 Jenis Hama Serangga yang Berbahaya bagi Kesehatan Manusia


jenis serangga

Serangga merupakan hewan kecil yang keberadaannya tidak boleh diremehkan. Ada sejumlah jenis serangga yang nyatanya dapat mengganggu aktivitas bahkan mengancam keselamatan manusia. Apa saja jenis serangga tersebut?


Serangga kecil seringkali dianggap bukan hewan berbahaya. Namun pada kenyataannya, ‘serangan’ mereka bisa mematikan. Bahkan, bila jumlahnya banyak dan tak dapat dikendalikan, maka aktivitas mereka dapat merusak barang-barang yang ada di sekitar.


Jenis-Jenis Hama Serangga

Nah, berikut jenis-jenis serangga yang dapat dikatakan sebagai hama dan berbahaya bila tidak dikendalikan, diantaranya:


  • Nyamuk

nyamuk demam berdarah

Serangga pertama yang termasuk hama dan berbahaya adalah nyamuk. Meskipun sering berada di sekitar kita, namun hewan ini cukup mematikan. Faktanya, ada beberapa jenis nyamuk dapat menimbulkan penyakit bagi manusia seperti demam berdarah, malaria, hingga zika. Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dalam kondisi tertentu dapat menyebabkan kematian.

Untuk pengendalian serangga tersebut bisa dilakukan dengan sejumlah cara, diantaranya fogging dan treatment khusus melalui jasa pest control. Pengendalian mandiri selanjutnya dilakukan antara lain membersihkan lingkungan sekitar, menutup tempat penampungan air, atau memelihara ikan pemakan jentik.


  • Tawon

tawon

Tawon termasuk hama serangga berbahaya. Mengapa? Sebab tawon mampu melakukan sengatan kepada manusia. Seseorang yang mengalami sengatan tawon umumnya akan mengalami rasa sakit disertai dengan gejala pembengkakan dan rasa gatal. Tak sedikit, mereka merasakan rasa panas seperti terbakar.


  • Kutu

Siapa bilang kutu tidak berbahaya? Yup, kutu merupakan salah satu serangga yang memiliki gigitan mematikan. Gigitan kutu kaki hitam dipercaya dapat menyebabkan infeksi pada manusia. Infeksi yang ditularkan oleh kutu hitam ini dikenal sebagai penyakit Lyme. Seseorang yang terkena infeksi Lyme akan mengalami gejala demam, sakit kepala, dan kelelahan.


  • Semut Api

Semut api merupakan serangga yang mesti diwaspadai. Meskipun kecil, gigitan semut api merah menimbulkan rasa sakit, gatal, hingga rasa perih cukup lama. Koloni semut api tentunya harus dikendalikan agar tak membahayakan orang-orang di sekitar. Apabila jumlah semut api sangat banyak, maka lakukan pembersihan salah satunya dengan jasa pest control.


  • Kecoa

kecoa

Selain tampilannya yang menjijikan, kecoa juga dapat memberi ancaman kesehatan bagi manusia. Serangga berwarna cokelat ini bisa menghasilkan alergen sehingga memicu reaksi alergi atau asma. Selain itu, penyakit yang dapat ditimbulkan lainnya adalah salmonellosis, dysentri, dan cholera. Sedangkan kehadiran juga merusak dapat benda-benda termasuk benda berbahan kulit atau kertas.


Itulah tadi jenis-jenis hama serangga yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Lakukan pencegahan dan pengendalian sejak dini dengan jasa pest control (jasa pembasmi hama), Pestcare.id. Pestcare melayani jasa pengendalian hama seperti rayap, tikus, lalat, bahkan kucing. Pengendalian hama dilakukan dengan treatment intensif dengan bahan kimia yang ramah lingkungan dan dapat diaplikasikan ke berbagai jenis properti hunian.


Seluruh layanan jasa pest control untuk kebutuhan industri dan rumah tangga dengan peningkatan prevention, exclusion, sanitation, dan treatment. Percayalah, hunian yang sehat dan bersih tak hanya nyaman dilihat tapi sudah pasti enak untuk ditinggali.

263 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
whatsapp.png