top of page
  • tbidjakartasatoe

Kenapa Tikus Suka Makan Kabel? Yuk Simak Penjelasannya!

Diperbarui: 19 Apr


Tikus

Tikus kerap menjadi ancaman bagi banyak orang karena salah satu kebiasaannya yang sering menggigit kabel listrik di dalam rumah atau kendaraan. Hal ini dapat sangat membahayakan jika kita tidak mengetahui dan membiarkannya karena dapat mengakibatkan korsleting.

Apakah kamu pernah bertanya-tanya alasan kenapa tikus makan kabel? Yuk kita bahas di artikel pestCare kali ini tentang fakta-faktanya!


Gigi Tikus yang Selalu Tumbuh

Sebenarnya, tikus tidak menargetkan atau mencari kabel di sekeliling sarangnya untuk dimakan melainkan dikunyah agar dapat mengasah gigi mereka sehingga tidak tumbuh berlebihan. Hal ini dikarenakan gigi tikus berbeda dengan manusia yang akan selalu tumbuh sepanjang hidupnya. Itulah sebabnya mereka membutuhkan benda yang bisa dikunyah untuk mengasah giginya.


Targetnya Selain Kabel

Meskipun kabel dinilai memiliki bentuk paling sempurna untuk dipegang, digigit, serta mudah untuk ditemukan di sekitar rumah bahkan kendaraanmu, benda lain seperti kaca, plastik, karet, kayu, alumunium, batu, dan bahkan semen sekalipun dapat dikunyah olehnya.



Kabel Menghalangi Jalur Tikus

Alasan lain kenapa tikus mengunyah kabel adalah karena mereka mencoba membersihkan jalur yang akan dilewati agar tidak terhalang dan perjalanan mereka menjadi lebih efisien.


Jadi, kamu sudah tahu kan alasan kenapa tikus makan kabel?

Agar tikus tidak berulah pada kabel listrik, kamu dapat mencegah tikus tertarik untuk masuk ke dalam rumah dengan membereskan kabel-kabel yang membentang serta menggunakan pelapis atau pembungkus kabel agar lebih rapi dan kuat serta menutup semua akses dan lubang yang dapat dimanfaatkan oleh mereka.


Sebagai tambahan info, ingatlah selalu untuk tidak menyisakan makanan di dapur, membuang dan mengosongkan tempat sampah dapur pada malam hari agar tidak mengundang si tikus untuk datang ke rumah karena mencium aromanya.


Kamu bisa dapatkan layanan jasa pest control untuk kebutuhan industri dan rumah tangga dengan peningkatan prevention, exclusion, sanitation, dan treatment. Pelajari lebih lanjut tentang layanan pestCare!


112 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
whatsapp.png
bottom of page