Cari
  • tbidjakartasatoe

7 Cara Membasmi Tikus di Rumah yang Aman

Diperbarui: Nov 12


7 cara membasmi tikus di rumah yang aman

Tikus merupakan hewan yang termasuk hama pengganggu bagi manusia. Tak hanya merusak tanaman, mereka juga gemar memakan dan mengotori seisi rumah. Karena dianggap hewan kotor dan jorok, lantas bagaimana cara membasmi tikus yang ampuh?


Sebagai hama yang merugikan, tikus ternyata juga berbahaya bagi kesehatan manusia. Bakteri Yersinia Pestis yang bisa terbawa dari gigitan tikus dapat menyebabkan infeksi hingga berujung kematian. Selain itu, penyakit lain yang ditimbulkan oleh tikus adalah HFRS (Hemorrhagic Fever with Renal Syndrome). Seseorang yang mengalami penyakit tersebut akan mengalami gejala seperti demam, pendarahan sampai gagal ginjal. Oleh karena itu, langkah yang tepat ialah membersihkan tikus dan segala bekas jejaknya dari rumah.


Baca juga: Ini lho Manfaat Fogging Disinfektan untuk Masyarakat


Cara Membasmi Tikus yang Tepat

Untuk membasmi tikus, tidak boleh sembarangan. Salah satu yang mesti dihindari adalah penggunaan racun tikus. Racun ini justru dapat membahayakan hewan lain seperti kucing atau anjing. Nah berikut ada beberapa cara membasmi tikus yang alami dan tepat, diantaranya:


1. Ramuan Brotowali

Cara membasmi tikus pertama adalah dengan ramuan brotowali. Air rebusan batang brotowali dapat digunakan untuk mengusir tikus dan hama serangga lainnya. Selain itu, air tersebut juga bisa dipergunakan untuk membersihkan area-area yang sering ditempati tikus sehingga aman untuk dilalui.


2. Kulit Jengkol

Kulit jengkol ternyata dapat mengusir tikus di rumah. Hal ini dikarenakan tikus tak menyukai aroma yang dikeluarkan oleh kulit jengkol. Alhasil, tikus-tikus akan berlari menjauh meskipun tidak akan membuatnya mati. Kamu pun bisa gunakan kulit jengkol atau memakai larutan air dari kulit yang sudah ditumbuk untuk disemprotkan pada area yang sering didiami oleh tikus.


3. Lada Bubuk

Cara mengusir tikus selanjutnya adalah dengan menggunakan lada bubuk. Pasalnya, senyawa piperin pada lada sangat tidak disukai oleh tikus sehingga mereka akan pergi. Kamu bisa melakukannya dengan menebarkan lada bubuk di sarang atau area yang biasa dilalui oleh tikus.


4. Bawang

Soal membasmi tikus tak hanya dengan racun saja, salah satunya bisa dengan irisan bawang, lho. Bau bawang ternyata tidak disukai oleh tikus. Aroma yang nyatanya bisa membuat tikus kabur seketika. Oleh karena itu, Kamu bisa menebar irisan daun bawang di area-area yang sering dikunjungi tikus.


5. Kulit Durian

Selain kulit jengkol, tikus ternyata juga tak menyukai kulit durian. Wangi buah durian yang terkenal menyengat adalah ‘senjata’ untuk mengusir tikus. Selain itu, bagian kulit durian yang berduri dan tajam juga sangat ampuh melukai tikus. Oleh karenanya, Kamu bisa meletakkan kulit durian di area-area yang sering dilalui oleh tikus.


6. Campuran Deterjen dan Bubuk Cabai

Cara berikutnya untuk mengusir tikus adalah dengan campuran deterjen dan bubuk cabai. Cairan dari kedua campuran tersebut sangat efektif untuk membasmi tikus di rumah. Kamu bisa menyemprotkannya ke tempat-tempat yang memang sering dilalui atau menjadi sarang tikus.


7. Gunakan Jasa Pembasmi Hama

Jika jumlah tikus di rumah Kamu sudah sangat banyak dan tak bisa lagi teratasi, maka solusinya adalah gunakan jasa pembasmi hama. Pengendalian hama salah satunya tikus bisa dilakukan oleh layanan Pestcare.id.

Pestcare.id menerapkan pengendalian dengan 4 metode yakni pencegahan, exclusion (mencegah tikus berkembang biak), sanitasi, dan trapping. Seluruh pengendalian hama dilakukan dengan bahan kimia yang ramah lingkungan dan dapat diaplikasikan ke berbagai jenis properti hunian. Lewat Pestcare.id, Kamu bisa dapatkan layanan jasa pest control untuk kebutuhan industri dan juga rumah tangga


12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua