top of page
  • tbidjakartasatoe

6 Wangi Yang Tidak Disukai Nyamuk

Diperbarui: 19 Apr


Nyamuk

Nyamuk adalah serangga yang kerap menjadi gangguan di berbagai musim, terutama saat musim panas atau di daerah yang lembab. Selain mengganggu kenyamanan, nyamuk juga menjadi vektor penularan penyakit seperti malaria, demam berdarah, Zika, dan lainnya. Banyak orang mencari cara alami untuk mengusir nyamuk tanpa harus menggunakan bahan kimia berbahaya. Salah satu cara yang efektif adalah dengan menggunakan wangi yang tidak disukai oleh nyamuk.


Nyamuk mengandalkan indera penciuman mereka untuk mencari mangsa, dan beberapa aroma tertentu dapat membuat mereka menghindari area yang wangi tersebut. Berikut beberapa wangi yang efektif dalam mengusir nyamuk:


1. Citronella

Citronella adalah minyak esensial yang berasal dari daun rumput wangi (Cymbopogon nardus) dan sering digunakan sebagai bahan dalam lilin, lotion, atau semprotan anti-nyamuk. Aroma segar dari citronella dikenal efektif untuk mengusir nyamuk. Kamu dapat menggunakan lilin citronella atau menyemprotkan campuran minyak citronella dengan air untuk mengusir nyamuk di dalam dan di luar rumah.


2. Lavender

Selain aromanya yang menenangkan, lavender juga merupakan wangi yang tidak disukai oleh nyamuk. Kamu bisa menanam lavender di kebun atau meletakkan kantong potpourri lavender di dalam rumah untuk mengurangi jumlah nyamuk.


3. Peppermint

Wangi mint yang segar dari peppermint ternyata juga efektif dalam mengusir nyamuk. Kamu bisa menanam peppermint di halaman atau meletakkan daun peppermint kering di sekitar rumah. Selain mengusir nyamuk, peppermint juga memberikan kesan kesegaran pada udara.


4. Lemon Eucalyptus

Minyak esensial dari lemon eucalyptus telah terbukti memiliki keampuhan yang sebanding dengan DEET, bahan kimia yang umum digunakan dalam produk anti-nyamuk. Campuran lemon eucalyptus dengan minyak kelapa atau air dapat digunakan sebagai semprotan alami yang ampuh dalam mengusir nyamuk.


5. Cedarwood

Wangi kayu cedarwood atau cemara adalah bahan alami lain yang dapat mengusir nyamuk dengan efektif. Kamu dapat menggunakan minyak cedarwood dalam diffuser atau mencampurkannya dengan minyak kelapa untuk mengusir nyamuk di area tertentu.


6. Lemongrass

Lemongrass memiliki aroma yang menyegarkan dan sangat tidak disukai oleh nyamuk. Minyak esensial lemongrass bisa digunakan sebagai semprotan anti-nyamuk atau dicampurkan dengan losion tubuh.

Dengan menggunakan wangi-wangi alami yang tidak disukai oleh nyamuk, kamu dapat mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya di sekitar rumah dan tetap menjaga lingkungan tetap sehat. Selain itu, mengusir nyamuk dengan cara alami ini juga memberikan manfaat tambahan dalam menciptakan suasana yang lebih segar dan menyenangkan di lingkungan sekitar.


Kamu bisa dapatkan layanan jasa pest control untuk kebutuhan industri dan rumah tangga dengan peningkatan prevention, exclusion, sanitation, dan treatment. Pelajari lebih lanjut tentang layanan pestCare!


34 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


whatsapp.png
bottom of page