Cari
  • tbidjakartasatoe

Inilah 5 Perbedaan Mencolok Antara Laba-Laba dan Serangga



Masih banyak orang yang menganggap bahwa laba-laba termasuk ke dalam kelas serangga, namun sebenarnya laba-laba mempunyai kelas tersendiri yaitu arachnida. Kemiripan ciri fisik laba-laba dan beberapa jenis spesies dari kelas serangga kemungkinan disebabkan karena kedua kelas tersebut tergabung ke dalam suatu kelompok besar yang disebut filum arthropods. Tetapi, jika kamu memperhatikan lebih detail lagi, sebenarnya terdapat lima perbedaan mencolok diantara keduanya, yaitu:

  1. Bagian Tubuh

Umumnya laba-laba dan spesies lain dari kelas arachnida memiliki 2 bagian tubuh utama yang terdiri dari cephalothorax dan abdomen. Sedangkan serangga kebanyakan tubuhnya terdiri dari 3 bagian utama yaitu kepala, thorax, dan abdomen.

  1. Karakteristik

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari jumlah kaki nya. Laba-laba memiliki delapan kaki dan delapan mata, sedangkan serangga hanya memiliki enam kaki dan sepasang mata.

  • Bahaya Bagi Manusia

Kebanyakan jenis laba-laba tidak membahayakan manusia, berbeda dengan beberapa spesies. serangga seperti nyamuk yang dapat menyebabkan demam berdarah.

  • Manfaat Bagi Manusia

Jaring sutera yang dihasilkan oleh laba-laba sering digunakan dalam perang untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit. Sedangkan beberapa serangga memiliki manfaat untuk polinasi tumbuhan, memproduksi wax, madu, dll.

  • Rantai Makanan

Laba-laba adalah predator bagi kelompok arthropoda lainnya termasuk serangga sehingga penting bagi keberlangsungan ekosistem lingkungan. Dapat dikatakan bahwa laba-laba adalah pengontrol serangga alami.


Baik laba-laba dan beberapa serangga sebenarnya memiliki manfaat bagi manusia, namun jika overpopulasi mereka dapat berubah menjadi hama mengganggu. Jika kamu menemukan serangga atau laba-laba di rumahmu segera hubungi kami ya!


5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
whatsapp.png