Cari
  • tbidjakartasatoe

Rumah Rayap: Tanda Bahaya Atau Karya Seni?

Diperbarui: 4 hari yang lalu


rumah rayap

Rayap merupakan salah satu hama yang mungkin sering Anda lihat di sekitar rumah maupun kawasan tempat tinggal Anda. Bahkan mungkin, ada beberapa perabotan rumah Anda yang telah dimakan oleh hewan yang hidup berkoloni ini. Kendati perannya sebagai hewan perusak, nyatanya masih ada yang menganggap bahwa rumah rayap memiliki nilai seni yang tinggi.


Seperti diketahui, rayap akan membuat sarangnya setinggi mungkin jika terus dibiarkan. Bahkan tak jarang, dengan desainnya yang unik, membuat rumah dari hama yang satu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Khususnya jika rumah rayap tersebut berada di luar ruangan. Namun apakah rumah rayap sendiri berbahaya bagi manusia?


Rumah Rayap, Tanda Bahaya ataukah Nilai Seni?

Rumah rayap dengan ukuran besar sendiri dikabarkan pernah ditemukan di Papua. Dari informasi yang ada, rumah rayap tersebut memiliki ukuran melebihi tinggi orang dewasa. Selain itu, desainnya yang unik juga membuat sarang rayap tersebut justru dijadikan sebagai mahakarya bernilai seni tinggi.


Bentuk rumah rayap sendiri hanya terlihat seperti tumpukan tanah. Tumpukkan tanah tersebut akan menempel pada kayu ataupun sudut rumah Anda. Jika dibiarkan, maka sarang dari rayap tersebut akan menjadi besar, bahkan mungkin akan mengganggu kenyamanan dan juga keindahan rumah Anda sendiri.


Jika sudah begini, apakah rumah rayap tersebut menjadi mahakarya yang bernilai seni? Sebenarnya, hal itu tidak menjadi masalah, jika rumah yang dibuat rayap tersebut berada di luar ruangan dan jauh dari pemukiman,

  • Rayap Merusak Kayu?

Mengenai habitat rayap, hama ini disebut lebih banyak berdiam di tempat lembab dan hangat. Maka tak heran, jika hama rayap juga akan membuat rumahnya di dalam kayu. Baik itu pada kayu tiang rumah, maupun di dalam perabotan kayu seperti lemari, kursi, meja, dan sebagainya.

Untuk membangun rumahnya, rayap sendiri akan memakan beberapa furnitur dan perabotan berbahan kayu tersebut. Alhasil, perabotan yang ada akan rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

  • Rayap Merusak Dokumen?

Pada kasus lain, rayap juga menyukai barang-barang berbahan dasar kertas. Oleh karenanya mereka akan merusak barang dalam bentuk dokumen, ataupun surat-surat lainnya.


Baca juga: Mengenal Apa itu Pestcare dan Jenis Kegiatannya


Mengenal Rayap, Hama Pengganggu Sekaligus Perusak

Rayap atau dikenal juga dengan nama anai-anai ini merupakan salah satu hama yang termasuk ke dalam kelompok serangga sosia, Infraordo Isoptera. Serangga ini menjadi bagian dari ordo Blattodea atau kecoa.

Berbeda dengan kelompok serangga lainnya seperti laron ataupun semut terbang, rayap tidak memiliki sayap. Bukan hanya itu saja, rayap juga tidak menyukai cahaya. Maka dari itu mereka lebih senang tinggal ditempat yang lembab dan hangat.


Sama halnya dengan semut, rayap juga memiliki seorang ratu atau raja. Dimana koloni rayap tersebut akan terbagi ke dalam dua kelompok yakni kelompok pekerja dan juga prajurit. Rayap juga akan bekerjasama dan bergotong royong dalam hal mencari makanan.


Rumah yang dibangun rayap dengan ketinggian lebih dari 1 meter dan berada di luar ruangan, akan dijadikan pertanda bahwa terdapat cadangan air di wilayah tersebut. Selain itu, rumah tersebut juga dijadikan sebagai tanda kesuburan.


Beberapa peneliti menyebutkan bahwa tanaman yang tumbuh di sekitar ruma rayap, umumnya memiliki kesuburan dan ketahanan hidup yang tinggi. Selain itu, tentunya rumah dari hama rayap diperuntukkan sebagai mahakarya alam yang luar biasa.


Itulah tadi penjelasan tentang rumah rayap untuk Anda ketahui. Jika sudah mengganggu kehidupan, maka segera lakukan pencegahan dengan membasmi hama rayap. Konsultasikan dengan jasa pest control, Pestcare.id untuk mengendalikan hama rayap di sekitar Anda.


Pestcare memberikan solusi pembasmian maupun pengendalian hama dengan treatment tepat. Pestcare melayani jasa pembasmi nyamuk, rayap, kecoa, lalat, burung, semut, lebah, dan lain-lain. Dengan metode general pest, termite baiting, fumigation seluruh pengendalian hama dapat diselesaikan secara terukur.


2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua